WORKSHOP : PENGUATAN PERSIAPAN PEMBIMBING KLINIK PROFESI BIDAN

By ADMIN 08 Mar 2021, 09:32:12 WIBBerita

WORKSHOP : PENGUATAN PERSIAPAN PEMBIMBING KLINIK PROFESI BIDAN

Keterangan Gambar :


WORKSHOP : PENGUATAN PERSIAPAN PEMBIMBING KLINIK PROFESI BIDAN

RABU - KAMIS : 03 dan 04 MARET 2021

Dalam persiapan Pendidikan Profesi Bidan berdasarkan International Confederation of Midwives Global Standards for Education pada tahun 2013 menyebutkan bahwa prinsip atau nilai yang harus ada dalam penyelenggaraan Pendidikan kebidanan yaitu :

  1. Mempertahankan Pendidikan kebidanan yang bertanggung jawab kepada public, yaitu profesi, klien, mahasiswa dan satu sama lain memastikan bahwa Pendidikan kebidanan mempunyai pernyataan filosofi, tujuan dan hasil yang mempersiapkan bidan yang berkualitas.
  2. Menyediakan kerangka kerja untuk mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi kualitas Pendidikan kebidanan secara berkesinambungan
  3. Mempromosikan proses Pendidikan untuk mempersiapkan bidan yang mempunyai semua kompetensi dasar ICM untuk bidan praktik dan kompetensi berdasarkan kebutuhan masing-masing negra
  4. Mempromosikan praktik kebidanan yang aman dan berkualitas bagi ibu dan anak
  5. Memperkuat otonomi profesi bidan sebagai profesi mandiri
  6. Mendorong pengembangan Pendidikan kebidanan melalui pengembangan praktik kebidanan

Berdasarkan tujuan ini diketahui bahwa Pendidikan kebidanan bertanggungjawab dalam mempertahankan pendidikan kebidanan mempunyai pernyataan filosofi, tujuan , dan hasil yang mempersiapkan bidan yang berkualitas dan menyediakan kerangka kerja untuk mempersiapkan bidan yang berkualitas dan menyediakan kerangka kerja untuk mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi kualitas Pendidikan kebidanan secara berkesinambungan sehingga memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa sebelum memasuki tahapan profesi dan menjadi lulusan Pendidikan Profesi kebidanan yang berkualitas. Untuk memperoleh tujuan tersebut dibutuhkan persiapan yang matang terhadap semua sumber daya manusia yang ada, termasuk dosen pembimbing maupun CI Klinik dalam melaksanakan praktik klinik nantinya.

Kegiatan kali ini difokuskan dalam mempersiapkan skill Dosen lingkup Fakultas Kebidanan dan CI Klinik Profesi Bidan tentang bagaimana cara melaksanakan pembekalan atau bimbingan kepada mahasiswa kebidanan prodi Pendidikan profesi Bidan yang dilaksanakan selama di Rumah Sakit, Puskesmas, Praktik Mandiri Bidan dan Komunitas sesuai dengan pencapaian kompetensi yang sudah ditetapkan untuk lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kebidanan Institut Kesehatan Prima Nusantara yang dilaksanakan selama 2 Hari yaitu Hari Rabu dan Kamis, 03 dan 04 Maret 2021 via Luring dan Daring.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah dosen kebidanan Fakultas Kebidanan berjumlah 11 orang dan CI Klinik Profesi dan Organisasi Profesi berjumlah 9 orang. Pada hari pertama dilaksanakan pada Hari Rabu 03 Maret 2021 secara Luring di Ruang Aula IKESPNB dengan Narasumber Ibu dr. Laila Isrona, M.Sc  merupakan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang yang dilaksanakan dari jam 08.00 – 16.00 WIB dengan beberapa materi antara lain = Strategi pembelajaran klinik profesi bidan, Pendekatan metode preseptorship dan mentorship dalam bimbingan klinik profesi bidan, dan system penilaian klinik profesi.

Pelaksanaan hari kedua pada Hari Kamis Tanggal 04 Maret 2021 dari jam 09.00 – 12 .00 WIB secara Daring Zoom Meeting Room dengan narasumber Ibu Rize Budi Amalia, S.Keb, Bd. M.Kes merupakan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya dengan materi yang disampaikan adalah manajemen dan rancangan bimbingan klinik

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, Tuhan Yang maha Esa, kegiatan pembekalan mahasiswa dengan tema: Pengendalian dan pencegahan Infeksi Prodi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kebidanan IKESPNB dapat terlaksana dengan lancar berkat kerjasama dari berbagai pihak serta dukungan penuh dari Pimpinan antar lain Ibu Dekan fakultas Kebidanan, Bapak Warek I, Ibu Warek II, dan persetujuan dari Ibu Rektor, serta narasumber yang semangat dalam memaparkan materi, dan partisipan yang antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan pembekalan ini memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa dalam menjalankan prekliniknya secara aman, nyaman dan selamat dalam mengendalikan dan mencegah tertularnya infeksi khususnya COVID-19. Aamiin yaa rabbal’aalamiin.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook