PEMBEKALAN PENGENDALIAN DAN PENCEGAHAN INFEKSI

By ADMIN 08 Mar 2021, 08:40:29 WIBBerita

PEMBEKALAN PENGENDALIAN DAN PENCEGAHAN INFEKSI

Keterangan Gambar :


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN FAKULTAS KEBIDANAN IKESPNB MEMPERSEMBAHKAN

PEMBEKALAN PENGENDALIAN DAN PENCEGAHAN INFEKSI MAHASISWI TINGKAT II PRODI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN
 

Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan salah satu kebutuhan dasar yang diperlukan setiap orang. Dalam mewujudkan tercapainya target SDG’s pada tahun 2030, peranan profesi kesehatan semakin penting. Dalam perkembangan yang semakin maju, sudah seharusnya pendekatan paripurna yang berorientasi pada kepuasan dalam memberi pelayanan kesehatan kepada pasien sebagai strategi utama bagi organisasi pelayanan kesehatan di Indonesia agar manpu beradaptasi dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatan manusia. Sebagai dasar dalam memberi pelayanan tersebut, mesti menguatkan dasar pengetahuan dan keterampilan melalui program Pendidikan.

Berdasarkan pelaksanaan kurikulum institusi Pendidikan kebidanan bahwa mengatur pelaksanaan praktik klinik kebidanan bagi mahasiswanya. Pembelajaran keterampilan praktik klinik merupakan bagian penting dari proses Pendidikan yang kompleks dan arus terintegrasi dalam seluruh program pendidikan yang mengacu pada kurikulum, khususnya pencapaian kompetensi bagi peserta didik yang digunakan utnuk belajar dalam melatih kemampuan psikomotorik (keterampilan), pengetahuan, dan afektif (sikap) yang menggunakan sarana laboratorium. Ketiga keterampilan tersebut (psikomotor, pengetahuan, dan afektif) kan membantu mahasiswa mengembangkan kompetensi dalam penerapan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai dalam situasi klinik.

Praktik klinik dalam kebidanan adalah kesempatan kepada semua mahasiswa untuk menerjemahkan pengetahuan teoritis kedalam Tindakan yang sesungguhnya. Pembelajaran klinik tidak hanya menerapkan teori-teori yang telah diperoleh dari kampus. Praktik klinik harus dimanfaatkan dengan baik sehingga mahasiswa memiliki kemampuan untuk berhubungan langsung ke dalam masalah nyata tersebut. Lingkungan belajar klinik yang kondusif merupakan wadah atau tempat dengan sumber daya yang dinamis bagi para mahasiswa, lingkungan klinik yang dipilih penting untuk mencapai objektif dan tujuan praktek klinik dalam sebuah program Pendidikan kebidanan yang pelaksanaannya langsung ke Lapangan antara lain ke Rumah Sakit, Puskesmas, Praktik Mandiri Bidan, dan Wahana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Di tengah masa Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, dimana kasus penularan yang asih cukup tinggi sehingga menyulitkan berbagai pihak dalam pelaksanaan praktik klinik yang menuntut pra mahasiswa untuk langsung menerapkan teori dan oraktikum yang telah diberikan untuk terjun kelapangan. Namun,  sebelum pelaksanakan preklinik maupun praktk klinik tersebut ke lapangan, mahasiswa mesti dibekali secra mendalam agar mampu memahami dan menguasai terlebih dahulu dasar-dasar pencegahan dan pengendalian infeksi agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada mahasiswa selama pelaksanaan praktik di lapangan dengan kompetensi berdasarkan tingkatannya masing-masing sebagai rangka peningkatan sumber daya manusia dalam pengalaman belajar mahasiswa.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kebidanan bergerak untuk mengadakan pembekalan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan preklinik ke Rumah Sakit dengan tema pengendalian dan Pencegahan Infeksi dengan narasumber pakar dibidangnya yaitu Ibu Ns. Lasmiraini, S.Kep sebagai IPCN di RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh yang dilaksanakan di Aula Kampus IKESPNB pada Hari Jumat, Tanggal 05 Maret 2021 dari jam 08.30 WIB hingga jam 11.30 WIB

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswi Tingkat 2 yang akan melaksanakan preklinik Keterampilan Dasar Klinik Kebidanan di RSUD dr. Adnaan WD Kota Payakumbuh berjumlah 12 orang. Materi yang disampaikan oleh Ibu Lasmiraini yang dipanggil Bunda Ai membut peserta antusias dengan ilmu pembaharuan baik secara teori dan langsung dilaksanakan dengan adnya praktikum demontrasi dalam pengendalian dan pencegahan infeksi tersebut. Kegiatan didampingi langsung oleh ketua Program Studi Pendidikan Profesi Bidan dan koordinator KDKK serta diikuti oleh beberapa dosen dari program Studi Pendidikan Profesi Bidan.

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, Tuhan Yang maha Esa, kegiatan pembekalan mahasiswa dengan tema: Pengendalian dan pencegahan Infeksi Prodi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kebidanan IKESPNB dapat terlaksana dengan lancar berkat kerjasama dari berbagai pihak serta dukungan penuh dari Pimpinan antar lain Ibu Dekan fakultas Kebidanan, Bapak Warek I, Ibu Warek II, dan persetujuan dari Ibu Rektor, serta narasumber yang semangat dalam memaparkan materi, dan partisipan yang antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan pembekalan ini memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa dalam menjalankan prekliniknya secara aman, nyaman dan selamat dalam mengendalikan dan mencegah tertularnya infeksi khususnya COVID-19. Aamiin yaa rabbal’aalamiin..



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook