MIDWIFERY SCIENCE SESSION : TELAAH JURNAL TAHUN 2020

By ADMIN 08 Okt 2020, 14:23:10 WIBFasilitas

MIDWIFERY SCIENCE SESSION : TELAAH JURNAL TAHUN 2020

Keterangan Gambar :


Midwifery Science Session (MSS) terlahir dan berangkat dari ide beberapa teman-teman Dosen kebidanan dalam rangka mencari sebuah forum atau mimbar akademik dimana ingin berfokus pada diskusi-diskusi ilmiah dalam upaya meningkatkan kemampuan dalam meng-update ilmu-ilmu kebidanan. Hal ini dikarenakan Dosen harus selalu memberikan dan menyampaikan keilmuan-keilmuan terkini dalam kebidanan, pengkajian yang didasari oleh evidence based midwifery sebagai proses sistematis untuk mencari, menilai dan menggunakan hasil penelitian sebagai dasar pengambilan keputusan klinis dalam asuhan kebidanan berdasarkan bukti penilaian yang telah teruji menurut metodologi ilmiah yang sistematis dan bersifat validitas keabsahannya dan ditunjang dengan pengasahan pemikiran kritis. Hal ini dapat dilaksanakan dengan kegiatan telaah jurnal.

Sesuai visi misi Fakultas Kebidanan IKESPNB antara lain : Visi yaitu menjadi fakultas kebidanan yang unggul di bidang kebidanan tingkat nasional berorientasi global tahun 2023 dan misi yaitu melaksanakan tridarma perguruan tinggi bidang kebidanan di tingkat nasional untuk menghadapi globalisasi serta menjalin Kerjasama dengan institusi dalam dan luar negri, maka Fakultas Kebidanan mengadakan suatu kegiatan telaah jurnal melalui Midwifery Science Session yang dilaksanakan secara rutin setiap minggunya dengan mengangkat tema-tema seputar asuhan kebidanan. Hal ini juga sebagai bentuk pengembanan dosen di bidang tridharma perguruan tinggi maupun pembaharuan keilmuan bagi bidan praktisi dalam pelayanan kebidanan yang bertujuan dalam meningkatkan asuhan kebidanan di masa yang akan datang. Kegiatan ini juga sebagai bagian mimbar akademik yang melibatkan beberapa partisipan baik akademisi, klinisi, dan para pakar yang expert dibidangnya masing-masing.

MSS Telaah Jurnal oleh Fakultas Kebidanan berjalan lebih kurang 1 tahun terakhir, dan semakin dikembangkan sejak adanya pandemi COVID-19 secara virtual. MSS diadakan setiap hari Kamis yang dilaksanakan dari pukul 09.00-11.00 WIB dan mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak yaitu dari Yayasan Prima Nusantara Bukittinggi, Rektor, WAREK I dan II, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Unit Penjaminan Mutu, Program Studi lainnya dibawah naungan Fakultas Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat stakeholder, dan alumni maupun mahasiswa IKESPNB. MSS Fakultas Kebidanan juga mendapat dukunan penuh dari institusi lainnya melalui kerjasama dengan menampilkan speaker atau panelist tamu oleh dosen dari institusi lainnya. MSS telaah jurnal yang dilaksanakan secara virtual dengan ketua pelaksana Ibu Indah Putri Ramadhanti, S.ST, M.Keb merancang kegiatan bersama dengan Dekan Fakultas Kebidanan dan panitia lainnya dengan memanfaatkan aplikasi media sosial zoom meeting room maupun live streaming youtube yang dapat diikuti oleh khalayak ramai secara bebas dan tanpa pembayaran, dan terkoordinir secara continue melalui group telegram untuk memudahkan komunikasi pemberian dan penyebaran informasi terkait pelaksanaan kegiatan MSS setiap seriesnya.




Berkat keoptimisan dari panitia penyelenggara, pada Tanggal 30 Juli 2020 terselenggara dengan baik MSS telaah Jurnal Series I dengan tema : The Effectiveness of Complementary manual Therapies for Pregnancy-Related back and Pelvic Pain dengan Speaker oleh Ibu Ayu Nurdiyan, S.ST, M.Keb – IKESPNB, panelis tamu oleh Ibu Lisma Evareny, MPH – POLTEKKES KEMENKES Padang, Panelis ke-2 Ibu Rulfia Desi Maria, S.SiT, M.Keb – IKESPNB, dan dipandu oleh Moderator ibu Lady Wizia, S.Keb, Bd. MSS Series I dibuka secara resmi oleh Rektor yang diwakilkan oleh WAREK I Bapak Ns. Fauzi Ashra, S.Kep, M.Kep dan disambut dengan baik oleh partisipan dari berbagai Provinsi dan Instansi baik berstatus Dosen PTN maupun PTS, alumni IKESPNB, mahasiswi dari IKESPNB, mahasiswi dari institusi lain, bidan praktisi lapangan lingkungan Dinas Kesehatan atau Praktik Mandiri Bidan atau Klinik Swasta maupun Rumah sakit Negeri dan Swasta. Peserta yang mengikuti kegiatan tidak hanya dari Pendidikan bidan, namun juga dari Pendidikan kesehatan lainnya seperti Kesehatan Masyarakat, Apoteker, Keperawatan, Ners, dan lain-lain. Peserta berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Jakarta, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, jawa Barat, Riau, jambi, Jawa Tengah, Bali, dan Sumatera Selatan

Panitia MSS Fakuktas Kebidanan berkomitmen untuk menyelenggarakan secara rutin setiap minggunya dengan memperluas kerjasama melalui narasumber melibatkan para alumni sendiri, institusi pendidikan negeri dan swasta maupun instansi kesehatan negeri dan swasta untuk mewujudkan secara bersama-sama dalam rangka pengembangan keilmuwan Pendidikan kebidanan dan pelayanan asuhan kebidanan yang lebih baik kedepannya secara Nasional mewujudkan Indonesia sehat. Semoga pada MSS series berikutnya dapat dilaksanakan sesuai harapan lebih baik lagi demi kemajuan pengetahuan dan asuhan kebidanan. Aamiin Yaa Rabbal’aalamiin…..



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook