International Midwifery Conference : EVIDENCE BASED IN COMPLEMENTARY MIDWIFERY TO INCREASE COMFORT I

By ADMIN 08 Okt 2020, 14:32:01 WIBFakultas

International Midwifery Conference : EVIDENCE BASED IN COMPLEMENTARY MIDWIFERY TO INCREASE COMFORT I

Keterangan Gambar :


Kebidanan merupakan profesi dinamis yang sangat responsive terhadap perubahan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi. Dengan mengutamakan keterampilan profesioanal denggunakan praktik berbasis bukti, dalam bentuk evidence based midwifery agar hasil evaluasi terhadap penelitian pada pelayanan kebidanan sehingga dapat digunakan dalam proses preventif dan promotif dan sebagai bagian dari pengambilan keputusan keluarga sesuai dengan kebutuhan ruang lingkup wanita. Dengan pelaksanaan praktik asuhan kebidanan yang berdasarkan evidence based midwifery  baik yang dilaksanakan di Indonesia maupun akan didadptasi dari Luar Negeri tersebut sebagai media dalam mengurangi risiko-risiko yang dialami ibu dan anak sehingga mengurangi angka kematian ibu dan anak.

Melanjutkan dari webinar nasional dengan tema "Optimalisasi Peran Serta dan Strategi Pelayanan Kebidanan di Era New Normal" yang telah suskes diadakan pada tanggal 25 Juni 2020 yang lalu. Hal tersebut sebagai latar belakang program studi S-1 Kebidanan dalam melaksanakan webinar internasional guna meningkatkan pemahamam lebih tentang penggunaan praktik berbasis bukti dalam kebidanan kususnya sesuai visi misi Prodi S-1 Kebidanan di bidang komplementer untuk meningkatkan pelayanan perempuan khususnya peningkatan kenyamanan perempuan.


Pelaksanaan webinar ini diadakan pada hari Kamis Tanggal 13 Agustus 2020 jam 13.00 WIB – 17.00 WIB dan dapat diikuti melalui aplikasi via zoom meeting room dan live streaming youtube pada Chanel Youtube Institut Kesehatan Prima Nusanatara Bukittinggi. Webinar internasional menghadirkan narasumber-narasumber nasional dan internasional yang handal di bidangnya masing-masing antara lain : narasumber pertama merupakan spesialis bidang komplementer kehamilian dan persalinan dan merupakan pendiri dari RCM berasal dari UK yaitu Mrs. Denise Tiran, MSc RM RGN ADM PGCEA dengan tema "Penggunaan Evidence Based Midwifery dalam Praktik Kebidanan Komplementer di Gunia". Narasumber kedua merupakan dosen dan Dokter dari RS Siriraj, fakultas Kedokteran Universitas Mahidol dari Thailand yaitu Mr. Sukree Kade, B.ATTM dengan materi "Asuhan Postpartum dengan Penggunaan Pengobatan Tradisional". Narasumber ketiga merupakan Pengurus Ikatan Bidan Indonesia Ibu Dr. Yetty Leoni Irawan, M. Sc dengan Tema "Regulasi Praktik Kebidanan Komplementer di Indonesia". Narasumber keempat merupakan founder dari Indonesia Holistic care Association (IHCA) Ibu Dr. Mellyana Nurul W, S.SiT, M.Keb dengan tema "Hypnoterapy Dalam Asuhan Kebidanan".  Narasumber kelima merupakan ketua Ikatan Bidan Indonesia Ibu Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes dengan tema "Regulasi Praktik Kebidanan Komplementer di Indonesia". Dan narasumber terakhir merupakan advokasi dan kerjasana internasional IBI Ibu Lauresia Lawintono, M.Sc dengan tema "Regulasi pada Praktis Kebidanan Komplementer di Indonesia". Turut berpartisipasi Ibu Rektor dan Ibu Dekan Fakultas Kebidanan dalam menyampaikan kata sambutan dalam pelaksanaan webinar kali ini.


 
 

Alhamdulillah, kegiatan ini disambut dengan baik bagi khalayak ramai berdasarkan hasil evaluasi banyaknya antusis keinginan dari peserta untuk turut serta dalam kegiatan ini yang berjumlah 317, melebihi dari target pelaksanaan yang berjumlah 250 peserta. Partisipan tersebar dari penjuru Indonesia baik dari Nanggroe Aceh Darussalam sampai papua dengan berbagai profesi antara lain dosen kebidanan, praktisi pelayanan bidan maupun lainnya baik negeri maupun swasta dibawah Dinas Kesehatan, Praktik Mandiri, Klinik, maupun Rumah Sakit, para mahasiswa dari institusi Pendidikan IKESPNB dan lainnya.  Tenaga Kesehatan lainnya bidan, perawat, apoteker, dan lain-lain. Peserta diberikan apresisasi dengan mendapatkan 2 sertifikat antara lain 3 SKP PP IBI dan sertifikat internasional dari UK. Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh baik dari Yayasan, Ibu rector yang langsung memberikan kata sambutan pada awal acara, Unsur pimpinan, unit penjaminan mutu dan Unit Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat serta dari program studi lainnya, alumni dan stakeholder yang turut memeriahkan acara sebagai peserta dalam mengikuti dan mengawasi kegiatan ini.


Berkat Kerjasama tim yang baik dari berbagai pihak walaupun terdapat kendala jaringan dikarenakan adanya kebakaran yang hebat pada telkomsel di Pekanbaru yang berimbas dengan jaringan di Sumatera Barat, acara dapat terselenggarakan sesuai dengan harapan. Semoga kedepannya program studi S-1 Kebidanan dapat melaksanakan kegiatan yang lebih menarik, dibutuhkan banyak orang sebagai salah satu kontribusi dalam meningkatkan pelayanan kebidanan di masa yang akan dating sesuai dengan visi misi Program studi S-1 kebidanan. Aaamiin Yaa rabbal’aalamiin….

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook